Popular Posts

Kontrol Penerbangan Pada RC Pesawat Remot

Menerbangkan pesawat remot sangat menyenangkan apalagi pesawat yang diterbangkan adalah dari home made (buatan sendiri). Membuat pesawat terbang sendiri, ternyata tidak sembarangan jika anda ingin membuat pesawat yang lebih besar skalanya maka anda harus perhatikan Control Surface-nya.
Control Surface adalah bagian-bagian dari pesawat terbang yang berfungsi untuk mengkontrol gerakan atau perintah pada pesawat terbang tersebut. Prinsip kerja tersebut ialah memberi gerakan apa yang diperintahkan.
Pada umumnya yang biasanya kita lihat-lihat pesawat remot berterbangan ialah bagian-bagian tertentu seperti:
  • Aileron
  • Elevator
  • Rudder
Tiga gerakan tersebut adalah sangat penting sekali didalam dunia pesawat. Hal ini berlaku untuk pesawat sungguhan. Setelah memahami dimana letak-letak Aileron, Elevator, dan Rudder kali ini kita akan memberikan fungsinya seperti apa.

AILERON

Bagian ini terletak pada bagian sayap kanan dan kiri, bentuknya persegi panjang seperti sayap yang telah di potong dibagian belakang. Namun itu tidak terpotong, aileron tersebut masih tertempel di bagian sayap tersebut.

Aileron berfungsi jika diberikan penggerak Servo, yang diletak bagian dalam sayap agar tidak terlalu jauh Push Rod untuk menggerakan Aileron tersebut


Fungsi Aileron adalah ketika salah satu Aileron di gerakan, maka pesawat akan melakukan Roll (berguling), Jika sayap kanan Aileron turun maka pesawat akan berguling ke kanan begitupun sebaliknya.

ELEVATOR

Bagian Elevator terletak pada bagian belakang pesawat tepatnya dibawah Rudder. Elevator ini tersambung dengan sayap bagian belakang yang dinamai adalah (Stabilizer) yang cenderung bentuknya harus Horizontal (datar). 


Fungsi Elevator ialah untuk memberikan berapa ketinggian pesawat. Hal ini juga penting saat pesawat ingin lepas landas atau mendarat. Ketika Elevator di gerakkan kebawah (down) maka pesawat akan turun kebawah, sedangkan ketika Elevator di gerakkan keatas (up) maka pesawat akan terbang tinggi.

Untuk menggerakan elevator gunakan 2 Servo letakkan didalam Stabilizer. Dan gunakan kabel tambahan Servo (2in1) jadi 2 Servo bisa menjadi 1 kabel (channel)

RUDDER

Bagian Rudder terletak pada sirip belakang bagian pesawat terbang. Fungsinya sangat penting yaitu ketika Rudder di gerakkan ke arah kanan maka pesawat akan belok ke kanan. Sebaliknya ketika Rudder di gerakkan ke arah kiri maka pesawat akan belok ke kiri.


Untuk menggerakan Rudder membutuhkan 2 Servo (1 untuk roda depan Landing Gear) (1 untuk Rudder). Karena 2 Servo ini harus menyatu maka disarankan membeli tambahan kabel dan disambungkan agar kabelnya panjang. Karena posisi roda depan dan Rudder sangat jauh. Servo Landing Gear berfungsi untuk menggerakan roda depan, agar bisa belok kanan dan kiri saat di darat.

Read Also:

Related Posts

No comments: