Popular Posts

Tinggalkan Orang Yang Suka Berdebat

Menurut KBBI debat adalah pembahasan atau pertukaran pendapat suatu hal yang memberi alasan untuk mempertahankan pendapatnya masing-masing.

Tidak jarang seseorang mengalami perdebatan yang tidak bisa mengkontrol emosinya saat mempertahankan argumen pendapatnya. Bahkan dampak paling buruk yaitu menimbulkan percecokan, kegaduhan, pertengkaran.

Meninggalkan perdebatan atau ''mengalah'' dalam perdebatan merupakan hal yang harus anda lakukan jika berdebat tentang yang tidak penting. Perlu di ketahui bahwa khususnya didebat kusir atau lainnya akan merugikan apabila kita melakukannya. Terutama di media sosial, youtube, atau forum-forum lainnya.

Kita harus mengalah bukan maksudnya kita akan kalah namun, ''Kita tidak bisa menang debat melawan orang yang bodoh dan beradab''

Kenapa sih harus meninggalkan debat?

Yang pertama adalah membuang energi dan waktu yang berharga. Di debat kusir waktu yang telah habis, debat tidak ada ujung-ujungnya.

Yang kedua perdebatan hanya menjadi jembatan untuk saling menimbulkan permusuhan di antara kaum muslim, padahal kita diperintahkan untuk saling ber-iman.

Nabi Sulaiman ''alaihis sallam'' berkata kepada anaknya.
''Wahai anakku tinggalkan debat yang ragu-ragu dan menentang itu karena manfaatnya sedikit. Dan ia hanya membangkitkan permusuhan antara orang-orang yang bersaudara.''

Yang terakhir adalah mengalah untuk menang (walaupun dikira kalah) tapi bukanlah kalah yang sesungguhnya

Mengalah untuk menang, mundur selangkah ambil kuda-kuda dan lompat kedepan itulah kemenangan bagi orang berjiwa besar karena meninggalkan debat yang tidak berguna. Oleh karena itu mengalah atau meninggalkan debat akan mendapatkan pahala yang sangat besar.

Rasulullah shalallahu alaihi was'allam bersabda:
''Barang siapa yang meninggalkan debat sementara ia berada di atas kebatilan, maka Allah akan membangunkan sebuah rumah baginya di pinggir surga. Dan barang siapa yang meninggalkan debat padahal dia di atas kebenaran, maka Allah akan membangunkan rumah baginya di atas surga.''

Demikian penjelasan tentang bagaimana caranya menghadapi perdebatan meskipun anda benar, bahkan Nabi saw telah menjamin akan dibangukan rumah di tepi surga apabila umatnya meninggalkan debat.

Read Also:

Related Posts

No comments: